Rabu, 03 Juni 2020

Taman Sari Gunongan







Daerah aceh adalah daerah yang sarat dengan peninggalan riwayat. Salah satunya peninggalah riwayat yang cukup populer ialah Taman Sari Gunongan serta Ghairah. Taman Sari ini terdapat di pusat kota Banda Aceh, persisnya di muka kantor balaikota Banda Aceh, persisnya terdapat di samping kiri masjid Baiturrahman.


Taman Sari Gunongan ini adalah peninggalah dari kerajaan Aceh, Buat traveller penggemar riwayat tentu saja akan senang akan bangunan yang sempat dibangun oleh Sultan Iskandar Gampang yang sempat memerintah pada tahun 1607-1636. Menurut sejarahnya, taman sari ini di untuk buat penuhi kemauan si permaisuri yang datang dari kerajaan Pahang yang minta untuk di buat satu taman yang indah yang dugunakan permaisuri itu untuk menghibur diri.

Gunongan serta kompleks Taman Ghairah direncanakan oleh beberapa pakar yang memahami dengan seni bangunan. Pakar bangunan datang dari dua negeri yang mempunyai jalinan erat dengan Aceh saat itu, yaitu Turki serta Tiongkok. Serta, ada peluang juga Gunongan serta Taman Ghairah memperoleh sentuhan pakar bangunan dari India.

Taman ini lumayan luas, Lingkupnya termasuk juga kompleks pemandian Putroe Phang. Konon, sesudah Gunongan serta Taman Ghairah usai dibuat, begitu bahagianya si permaisuri. Setiap harinya banyak dihabiskan dengan bermain bersama-sama dayang-dayang di seputar Gunongan, sekalian memanjatinya hingga Putri Pahang itu tidak lagi susah serta gundah rindukan kampung halamannya.

Dari sini tentu saja traveller ingin tahu kan, semacam apa Taman Sari Gunongan itu. Taman Sari Gunongan sendiri terbagi dalam bagian-bagian yang cukum luas yang di ucap dengan Ghairah. Gunongan mempunyai tinggi nyaris 10 mtr. serta dibangun tiga lantai berupa seperti bungan.

Waktu ada dari sana traveller akan lihat yang namanya Penterana Batu. Penterana Batu adalah bangku yang berupa kelopak bunga yang sedang mekar dengan cekung dibagian tengah, konon Penterana Batu ini di pakai permaisuri sekedar untuk sekedar duduk nikmati keelokan Taman Sari Gunongan.

Sisi yang lain disebutkan dengan Kandang Baginda. Kandang Baginda sebuah tempat penyemayaman keluarga Sultah Kerajaan Aceh disini traveller dapat menjumpai makan-makan dari keluarga kerajaan Sultan Aceh.

Di taman terebut ada padang pasir yang di hias dengan kerikil, kerikil itu datang dari Kersik Batu Pelinggam. Disamping itu ada Phinto Khop yang disebut pintu penghubung di antara Taman Sari Gunongan dengan Istana.